Rabu, 29 September 2010

MANFAAT BUAH KERSEN

Pohon Kersen/Kresen/Talok banyak tumbuh di dataran rendah dan tersebar di persada tanah air kita. Pohon ini banyak dijumpai tumbuh di sembarang tempat di berbagai jenis tanah, sehingga terkesan pohon ini termasuk pohon liar. Karena sifat-sifat dan daya tahannya itu,Pohon Kersen (Sumber Wikipedia, 2010).pohon kersen menjadi salah satu tumbuhan pionir yang paling banyak dijumpai di wilayah hunian manusia di daerah tropis. Berasal dari Amerika tropis (Meksiko selatan, Karibia, Amerika Tengah sampai ke Peru dan Bolivia), kersen dibawa masuk ke Filipina pada akhir abad-19, dan lalu dengan cepat menyebar di seluruh wilayah tropis Asia Tenggara.

Namun belakangan ini masyarakat mulai “tidak memandang sebelah mata” terhadap pohon kersen ni, lantaran buah yang dihasilkan memiliki nilai manfaat yang tidak bisa dikesampingkan.[Image] Masyarakat mulai mengenal buah kersen sebagai obat “anti asam urat”, “penghilang pusing-pusing pada penderita hypertensi” dan “penambah stamina tubuh”. Bila kita mengkonsumsi sepuluh buah kersen yang berwarna merah (matang) dapat menambah vitalitas tubuh setara degan satu sachet preparat suplemen. Hal ini disebabkan karena kandungan multivitamin, mineral dan vitamin pada buah kersen mendukung untuk fungsi tersebut.Hal ini telah dibuktikan dengan uji laboratorium yang dilakukan oleh FMIPA UNY, seperti yang dituturkan oleh Humas FMIPA UNY Dedy Herdito MM bahwa kandungan gizi buah kersen tidak kalah dengan buah lainnya, terbukti kandungan Buah Kersen (Sumber Wikipedia, 2010)Vit C buah kersen mencapai 90 mg dibandingkan mangga yang hanya 30 mg, demikian juga dengan kandungan Kalsium hingga mencapai 125 mg, lebih tinggi dibanding mangga yang haya 15 mg.

Namun karena rasa buah ini tidak selezat buah lainnya, maka kersen banyak tidak disukai oleh masyarakat. Namun hal ini dapat dantisipasi dengan memblandernya dan ditambah sedikit gula merah, maka akan menambah buah ini menjadi lebih “favourible”. Buah kersen yang diblender tersebut memliki rasa mirip jus kacang hijau.

Konsumsi olahan buah kersen tersebut, sangat cocok dikonsumsi pada saat bulan puasa. Blender buah kersen dan gula merah atau madu secukupnya sesudah sahur, akan menambah vitalitas kita pada saat menjalankan ibadah puasa. Namun perlu diwaspadai bagi kita yang memilki gigi berlubang. Konsumsi buah ini akan membuat nyeri pada gigi yang berlubang tersebut.

Dengan khasiat buah kersen tersebut tentunya kita akan lebih peduli dengan pohon kersen yang semula dianggap pohon liar. Yang sebenarnya merupakan pohon yang gampang pemeliharaannya, cepat tumbuh dan bisa menjadi naungan lingkungan di sekitar kita. Dengan demikian jadilah pohon dan buah kersen menjadi sumber alam hayati yang bermanfaat bagi kehidupan kita.

Tidak ada komentar: