Kamis, 03 Januari 2013

Meteorolite Mars yang Jatuh di Bumi

 

3 January 2013 Last updated at 19:06 GMT 

 

Sebuah batu berwarna gelap ditemukan di Gurun  Moroccan pada tahun  201, yang menurut para ahli adalah sebuah    meteorite Martian, demikian menurut keterangan ilmuwan. Batu tersebut memiliki berat   320g dan diberi nama  Northwest Africa (NWA) 7034.

Baik  texture dan sifat kimianya adalah bagian dari proses pembentukan kulit bumi tetapi di analisa juga batu tersebut berasal dari  Red Planet/Mars. Kesimpulan para ahli tersebut dirilis di Science magazine. Disebutkan pula bahwa batu tersebut berumur 2 milyar tahun.

 Penelitian tentang batu dipimpin oleh  Carl Agee from dari  University of New Mexico, US.  Selanjutnya dia mengatakan bahwa batu tersebut mirip dengan  Martian meteorites lainnya,yang memiliki kesamaan fisik maupun komposisi unsurnya.

Dketahui bahwa lebih dari  100 Martian meteorites yang terkumpuldi seluruh permukaan bumi, yang dihempaskan oleh Mars karena tabrakan dengan komet yang mengembara jutaan tahun di jagad raya sebelum jatuh ke bumi.

Seperti kita ketahuin bahwa jatuhnya meteorite ke bumi bisa dilihat dengan mata telanjang , oleh karena itu mudah ditemukan oleh para pelintas gurun atau di kutub. Karena tergolong batuan langka maka meteorite diperdagangkan dengan harga puluhan hingga ratusan dollar.

Martian meteorites dapat dikelompokan dalam tiga kategori, yaitu Shergotty, Nakhla dan  Chassigny. Para ahli menggolongkan ketiga kelompok meteorolite dalam batuan sederhana yang disebut dengan SNC meteorites.

Akan tetapi Prof Agee dan koleganya menggolongkan  NWA 7034 dalam kelompok tersendiri.

Batuan SNC  meteorolit bercirikan  sifat kimia  basaltic breccia yang dimiliki,karena batuan ini dihasilkan dari pemanasan letusan gunung berapi,contoh dari batuan ini adalah meteorolit yang berasal dari bulan. Tetapi NWA 7034 bukan termasuk jenis SNC meteorites yang memiliki sifat sifat tersebut di atas.

Mnurut Geokimia , NWA 7034 didominasi oleh susunan alkali, seperti potasium dan sodium. Sifat batu seperti ini telah ditemukan oleh robot rover yang menjelajah permukaan Mars.

Tim Prof Agee juga menemukan kadar air sebesar  6,000 parts per million, yang besar kandunganua 10 kali lipat dari sampel SNC. Hal ini menandakan bahwa meteorolit tersebut terbentuk dari lingkungan yang banyak menyimpan air yang terikat pada basa.

"Meteorolit ini terbentuk 2 milyar tahun silam,sedangkan SNC terbentuk 200 – 400 tahun silam “ kata Prof Agee.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMI SELALU MENERIMA WACANA DARI PENGUNJUNG DEMI PEMBELAJARAN BEKAL ILMU KAMI