Senin, 21 Maret 2011

Ditemukan Vaksin TBC


Protein yang digunakan untuk vaksin penyakit tuberculosis telah ditemukan ilmuwan dari Imperial College London. Seperti diketahui TB adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan hanya satu satunya yang memiliki vaksin, ketimbang penyakit bakteri lainnya. Vaksin dengan menggunakan BCG diketahui tidak efektif untuk TBC ini.

Penyakit ini sudah membunuh 2 juta penderita yang tersebar di seluruh dunia tiap tahunnya. Dengan demikian kita mampu menangkal penyakit ini di masa depan.
Professor Ajit Lalvani, yang meimpin misi ilmuwan ini menyatakan bahwa vaksin ini digunakan untuk mengganti vaksin BCG untuk TBC, yang tidak efektif lagi. Oleh karena itu di dunia sekarang masih ada 9 juta penderita yang mengidap TBC. Untuk itu mereka akhirnya mengembangkan vaksin TBC ini.

Penelilitian ini mengawali dengan mencari protein yang dapat digunakan sebagai vaksin untuk membangkitkan immune terhadap TBC dan melindungi paru paru dala jangja lama dari Bakteri Mycobacterium tuberculosis.
Tuberculosis

• Tuberco;osis adalah penyakit infeksi yang menyerang paru paru (Tuberculosis is an infectious disease, which usually affects the lungs)
• Menular melalui dahak penderita (It is transmitted via droplets from the lungs of people with the active form of the disease)
• Pada orang sehat, penyakit ini tidak menimbukan gejala (In healthy people, infection often causes no symptoms)
• Gejala bagi yang terserang, adalah batuk, nyeri dada, lemah, kehilangan berat badan dan demam malam hari (Symptoms of active TB include coughing, chest pains, weakness, weight loss, fever and night sweats)
• Obat yang cocok adalah antibiotic (Tuberculosis is treatable with a course of antibiotics)
• Di Inggris terdapat 9.000 penderita, terutama di kota besar Lomdon (In the UK, around 9,000 cases of TB are reported each year, mainly in big cities like Londo
• Sumber: World Health Organization/HPA

Protein yang digunakan sebagai vaksin diberi nama EspC.
BBC Nes 19 Maret 2011-Pomdok Sastra HASTI Semarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMI SELALU MENERIMA WACANA DARI PENGUNJUNG DEMI PEMBELAJARAN BEKAL ILMU KAMI