Senin, 04 April 2011

Pencairan Glasiers Lebih Cepat 350 Tahun

Pencairan gunung gunung Glacier diketahui telah mencair lebih cepat 350 tahun dibanding dengan waktu yamg seharusnya. Penemuan ini dikemukakan oleh peneliti dari Universities Aberystwyth, Exeter dan Stockholm, yang mempelajari pencairan Glaciers dalam rentang waktu yang lama.

Dalam penelitian tersebut mereka juga memetakan 270 glaciers terbesar yang terbentang dari Chili dan Argentina , studi tersebut berhasil membuktikan bahwa rata rata glacier mencair 10 – 100 kali lebih cepat dari biasanya, dalam waktu 30 tahun ini.
Kecepatan mencair ini berbanding lurus dengan derajat pemanasan global yang terjadi di laut. Hasil penelitian ini diberitakan di “the journal Nature Geoscience”. Penelitian tersebut dilakukan dengan pengamatan yang difokuskan di bagian utara dan selatan lapisan es Pentagonian, dengan menggunakan pengamatan jarak jauh melalui hasil gambar satelit Upsala terlihat bahwa Glacier di Patagonia, telah menipis 13 km sejak tahun 1750. Fenomena ini juga terjadi di Andes, sebuah pegunungan yang membatasi Argentina dan Chili.

Lapisan Glaciers membentang 200 km di sebelah utara dan menutupi luas wilayah 4.200 km 2 dan disebelah selatan membentang 350 km, menutupi wilayah seluas 13.000 km 2 . Glaciers yang mengalami perubahan poisisi adalah di daerah yang disebut dengan "Little Ice Age".

Pencairan lebih cepat ini terjadi di sekitar waktu tahun 1870 di lapisan es utara dan tahun 1650 di bagian selatan.

Menurut sebuah laporan Glacier di Amerika Selatan telah terbentang lebih luas, sebelum peneliti memetakan luasnya glaciers. Sekaligus peneliti tersebut berhasil melakukan kalkulasi yang menunjukan bahwa glaciers mencair lebih cepat, karena pemanasan global di lautan.

BBC News 3, April 2011- Pondok Sastri HASTI Semarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMI SELALU MENERIMA WACANA DARI PENGUNJUNG DEMI PEMBELAJARAN BEKAL ILMU KAMI