Sabtu, 14 April 2012

Di Batas Langit


triton neptunus
From Wikipedia, the free encyclopedia

Voyager 2 adalah pesawat ruang angkasa yang berbobot   722-kilogram (1,592 lb). Pesawat ruang angkasa ini ( space probe) diluncurkan   NASA pada  Augustus  20, 1977 guna keperluan studi tentang tata surya kita ( Solar System) dan ruang angkasa  (interstellar) . Pesawat ini dioperasikan selama 34 tahun, 7 bulan dan   25 hari sampai sekarang (14 April 2012), pesawat ini masih rutin mengirim data dari Deep Space Network.

Salah satu program Voyager II ( Voyager program ) yang merupakan saudara dari  Voyager 1, adalah penyempurnaan dari Voyager I yang bertugas mejelajah hingga ke batas tata surya kita , termasuk meneliti tentang Kuiper belt,  heliosphere  dan ruang angkasa (interstellar space). Voyager I mengakhiri masa tugasnya pada December 31, 1989 setelah meneliti   Jovian system  pada tahun  1979, Saturnian system  pada tahun  1980, Uranian system  pada tahun  1986,  dan  Neptunian system  di tahun  1989. Saat itu Voyager menjadi pesawat pertama yang meneliti planet gas raksasa.( gas giants)

Latar Belakang Misi (Mission background)

Sejarah

Misi Voyager berhubungan dengan proposal studi tentang ruang angkasa yang dinamakan Grand Tour pada tahun 1960-an, tentang misi mempelajari planet. Kemudian NASA mulai menggarapnya pada tahun 1970-an. Saat itu perkembangan penjelajahan ruang angkasa berhubungan dengan penjelajahan antar planet, dengan menerapkan pemanfaatan gravitasi benda angkasa.( gravity assis)t.

Dengan pemanfaatan gravitasi benda angkasa, penjelajahan ke ruang angkasa dapat lebih mudah untuk melakukan meneliti empat planet gas raksasa/gas giants (Jupiter, Saturn, Uranus, dan Neptune). Dengan pemanfaatan ini maka kita dapat melakukan penghematan  tenaga dan menghemat waktu transit antar planet.
Sebenarnya, Voyager 2 telah dikonsep sama dengan  Mariner 12 sebagai  Mariner program , tetapi karena masalah penganggaran maka penerbangan ini telah di rancang ke belakang hanya untuk penerbangan ke Jupiter  dan  Saturn.[2]
cincin saturnus

Mengawali sukses  dalam menjelajahi Bulan  Saturnian  Titan, oleh Voyager 1, Voyager 2 memperluas misinya menuju Uranus dan Neptune.[3]

Keping  Emas/Golden record

Setian penerbangan Voyager selalu dilengkapi dengan keeping emas audio (VCD) atau gold-plated audio-visual disc di tiap even dalam penerbanganya. Hal ini dimaksudkan untuk merekam setiap mereka menemukan peradaban di tata surya. VCD tersebut membawa foto tentang bumi dan peradabanya, informasi ilmiah bumi, ucapan salam (greetings)  dari  “Secretary-General of the United Nations dan President of the United States”, serta pesan dari anak anak bumi) dan sebuah medley  "Sounds of Earth", tentang tangisan bayi, suara ikan lumba-lumba, ombak di laut dsb.
 Rancang Bangun Pesawat (Spacecraft design)
 Jet Propulsion Laboratory, telah merancang bangun Voyager 2 termasuk mesin  16 hydrazine yang dilengkapi 3 stabiser (three-axis stabilization), gyroscopes dan “ celestial referencing instruments (Sun sensor/Canopus Star Tracker)”, yang berfungsi sebagai antena guna menstranmisikan data ke bumi (  high-gain antenna). Kesemua tanggung jawab operasinal perlengkapan di bawah tanggung jawab “Attitude and Articulation Control Subsystem (AACS) “>


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMI SELALU MENERIMA WACANA DARI PENGUNJUNG DEMI PEMBELAJARAN BEKAL ILMU KAMI