Jumat, 28 Januari 2011

Austronot NASA Yang Gugur

Pada hari ultah “The US space agency” atau NASA, yang ke 25, mereka memperingati kematian astronot yang tewas dalam tugas, terutama mereka yang tewas dalam kecelakaan pesawat ruang angkasa Chalenger pada tahun 1986.. Untuk memperingati jasa mereka NASA telah mengibarkan bendera ½ tiang di kantor mereka di seluruh AS.
Pesawat Chalenger tersebut meledak setelah 73 detik meluncur di ketinggian 14.000 meter dan menewaskan semua astronotnya.

Peringatan tersebut dilakukan di Arlington National Cemetery di Virginia, khusus mengenang 7 astronot yang tewas, mereka itu adalah, Commander Francis Scobee, Pilot Michael Smith, Mission Specialists Judith Resnik, Ellison Onizuka, Ronald McNair, Payload Specialists Gregory Jarvis dan Christa McAuliffe.

Tanggal 28 January, 1986, silam Challenger mengemban misi - STS 51L untuk bergabung dengan 2 satelit. Mereka kemudian hancur di Kennedy Space Center, Kegagalan tersebut disebabkan karena kegagakan fungsi sil pada udara pendingin sehingga menyebabkan udara panas bertekanan tinggi meledak.

Misi tersebut juga diikuti oleh seorang pendidik yang bernama Ms McAuliffe.
Secara keseluruhan jumlah astronot yang gugur adalah sebanyak 24 awak sejak tahun 1964. Menyusul kemudian terdapat 7 awak yang meninggal pada tahun 2003, saat Colombia mendarat di bumi.

Diketahui pula terdapat 3 awak yang gugur pada percobaan Apollo 1 tahun 1967 pada kebakarab sebelum peluncuran roket.(BBC News, Januari 2011).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMI SELALU MENERIMA WACANA DARI PENGUNJUNG DEMI PEMBELAJARAN BEKAL ILMU KAMI