Rabu, 02 Februari 2011

Queensland Bersiap Menghadapi Badai Yasi

Sumber Gambar BBC News 2011

Masyarakat bagian Tenggara Negara Bagian Queensland Australia telah bersiap siap menghadapi badai Cyclone Yasi, demikian BBC News edisi 1 Pebruari 2011 melaporkan.

Sementara itu pihak pemerintyah Australia telah memperingatkan warganya bahwa Cyclone Yasi, telah mendekati Queensland, dan memprediksikan bahwa badai iniadalah badai yang kuat dan bisa membawa korban yang tidak sedikit.

Pejabat pemerintah Anna Bligh bahwa badai ini adalah jenis "catastrophic" dan memaksa pemerintah Negara bagian untuk bekerja keras menghadapi badai tersebut.
Yasi telah ditetapkan sebagai badai tingkat 5 yang termasuk level membahayakan.
Sementara itu pihakl militer telah mengevakuasi pasien di rumah sakit ke tempat yang diprediksi aman.

Hal yang sangat membuat prihatin semua pihak bahwa bulan Januari 2011 silam kota ini telah dilanda banjir besar, Kantor Meteorologi “The Bureau of Meteorology (BoM)” memperingatkan bahwa “Basai” Cyclone Yasi bahwa badai ini mampu mengancam kehidupan masyarakat, khususnya masyarakat Cairns dan Townsville.
Serangan badai ini sangat mengancam kehidupan yang tidak pernah dialami oleh masyarakat Negara bagian tersebut sebelumnya.

Yasi, berada langsung di 555 km (344 miles) sebelah timur Cairns dan 560 km sebelah Tenggara Townsville, dan diprediksi akan menghempaskan kedua wilayah tersebut paling lambat Rabu 2 Pebruari 2011 (after 1200 GMT). Kedepatan badai ini mampu mencapai 295 km/jam (183 mph).

Petugas Senior BoM Gordon Banks mengatakan bahwa badai berpotensi semakin ganas setel;ah mencapai daratan.

Diberitakan bahwa bandara kota Cairns telah ditutup, demikian pula kegiatan kereta api, penambangan batu bara telah dihentikan. Sementara itu banyak warga Townsville berbondong menuju bandara karena panic.(BBC News, 2 Pebruari 2011).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMI SELALU MENERIMA WACANA DARI PENGUNJUNG DEMI PEMBELAJARAN BEKAL ILMU KAMI