Kamis, 03 Februari 2011

Queensland, Setelah Diterjang Banjir Kini Dihantam Badai

Wartawan BBC News Nick Bryant di Sydney melaporkan bahwa “Badai” Cyclone Yasi telah menerjang Queensland, wilayah Timur Laut Australia, yang meninggalkan kerusakan yang hebat.

Badai Yasi memporakporandakan kota pantai Tully, Mission Beach dan Cardwell, dan ratusan rumah dibuat hancur berantakan..

Kota Cairns dan Townsville relative tidak diterjang bagai itu tetapi dilanda hujan deras, dan kewaspadaan terhadap kemungkinan badai selanjutnya tetap di pegang oleh penduduk di wilayah itu.

Pejabat Queensland r Anna Bligh mengatakan bahwa tidak ada korban meninggal dunia atau luka seriuas yang dilaporkan padanya.

Kota Cairns dan Townsville adalah kota yang jauh terpisah, tetapi memiliki komunitas yang kecil dan sering mengalami serangan badai. Banyak pohon yang tumbang dan jalan jalan darat banyak dipenuhi sampah.

Lebih lanjut Still, Anna Bligh mengemukakan bahwa dia khawatir serangan badai ini akan berdampak lebih luas lagi. Hal ini disebabkan badai tersebut adalah badai yang terkuat di abad ini, yang menyerang popolasi manusia yang padat. Badai Yasin kemarin telah mencapai kecepatan 300 km/jam, sehingga memutuskan hubungan telepon dan listrik di wilayah tersebut. Setidak tidaknya 180.000 rumah tanpa lisrik dan mpemerintah sangat berat untuk menyingkirkan pohon yang tumbang serta sampah di jalanan.

Peringatan Banjir.

“Meskipun warga Queensland sangat takut terhadap bencana tersebut, namun mereka harus berhadapan dengan realitas akan bahaya banjir selanjutnya dan harus mempersiapkan diri” demikian Anna Bligh menandaskan.

Di wilayah Cairns, seluruh warga telah diperintahkan untuk kembali ke rumahnya dan rumah sakit wilayah itu telah dubuka 24 jam.

Dilaporkan pula bahwa angina kencang yang melanggar wilayahnya mampu untuk memecahkan kaca jendela dan menumbangkan pohon pohon.Serta mampu menyebabkan pasang air laut setuinggi 3 meter sehingga bisa menyebabkan banjir. Air pasang ini juga bisa menyerang kota Townsville,

Beruntung wilayah yang diserang badai Yasi kemarin adalah wilayah yang berpenduduk jarang, yang berada di wilayah selatan Cairns.
(BBC News, 3 Pebruari 2011),

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMI SELALU MENERIMA WACANA DARI PENGUNJUNG DEMI PEMBELAJARAN BEKAL ILMU KAMI