Kamis, 08 Maret 2012

Badai Matahari Terbesar Telah Menerjang Bumi


sumber BBC News
Laporan  BBC News 8 Maret 2012
  • Pelepasan secara mendadak enerji magnetic yang tersimpad diatmosfer matahari mampu menimbulkan cahay terang (bright flare).
  • Fenomena tersebut juga mampu menimbulkan loncatan partikel bermuatam ke dalam ruang angkasa.
  • Peristiwa lompatan tersebut bisa juga disebut  letusan matahari  yang disebut dengan ( coronal mass ejections / CMEs).
  • Apabila letusan tersebut mengarah kepada kita, maka akan terjadi gas bermuatan yang menumbuk mantel/pelindung  magnetic bumi.
  • Tumbukan dengan bungkus magnetic bumi selanjutnya disebut dengan badai matahari / solar storms
  • Badai matahari ini mampu berinteferensi  dengan gelombang pada system technology: satellites, jaringan listrik dan  communications systems
  • Badai matahari juga mampu menimbulkan  aurorae  (di langit selatan dan utara ) yang dapat terlihat pada bola langit yang lebih rendah.

Bumi yang kita tempati mampu menerima badai partikel bermuatan  dari matahari, seperti layaknya sebuah battere. Akibat dari fenomena tersebut, maka sistim komunikasi, jaringan listrik dan navigasi di bumi akan rusak.

Badai matahari kali ini, adalah badai yang terbesar dalam 5 tahun ini, yang menerpa lapisan magnetic bumi selama  hari hari penuh pada Rabu, 7 Maret 2012.

Hal ini ditandai dengan munculnya sepasang  api matahari (solar flares ) – yang terbesar yang pernah kita lihat pada awal minggu ini ( 4 – 11 Maret 2012).

Efek dari badai matahari ini paling tinggi intensitasnya adalah di daerah kutub bumi, sehingga rute penerbangan sebaiknya menghindari daerah kutub ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMI SELALU MENERIMA WACANA DARI PENGUNJUNG DEMI PEMBELAJARAN BEKAL ILMU KAMI