Rabu, 21 Maret 2012

Planet Jupiter


Planet Jupiter
Jupiter  adalah planet ke empat yang dimiliki matahari  (Sun ) dan termasuk planet terbesar (largest planet ) dalam tata surya  (Solar System.[13]) kita. Planet Jupiter  disebut pula sebagai planet “gas raksasa”  gas giant dengan masa ( mass ) 0,001 matahari, tetapi masa Jupiter bisa mencapai 2,5 kali planet lainnya dalam tata surya kita. Jupiter termasuk planet yang banyak mengandung gas seperti juga Saturn, Uranus  dan  Neptune

Planet Jupiter sudah dikenal oleh ahli astronomi (astronomers) nenek moyang kita dan keberadaannya telah dihubungkan dengan mythos berbagai kultur. Nama Jupiter sebenarnya adalah nama Dewa Romawi (Roman god Jupiter.[14]) . 

Jupiter dapat dilihat dari bumi  (Earth ) dengan posisi langit  (apparent magnitude ) di −2.94. Jupiter terlihat terang seperti juga bulan Moon  dan  Venus.  Berlainan dengan Planet Mars, yang dapat  lebih terlihat terang dibanding Jupiter bila pada posisi tertentu (certain points )

Jupiter tersusun dari bahan utama  hydrogen dengan kandungan ¼ dari masa gas tersebut adalah gas helium; disamping itu juga terdapat titik tertentu yang banyak mengandung logam berat. Karena rotasinya yang relative cepat, maka bentuk Jupiter tergolong relative  lebih pipit. 

Salah satu  ciri utama Jupiter adalah terdapatnya fenomena Noda Merah Raksasa (Great Red Spot),  yang sebenarnya adalah sebuah badai raksasa yang mulai dapat dilihat  paling  lambat pada abad ke 17 dan berhasil diketaui manusia berkat penemuan telescope.

Planet Jupiter dikelilingi sistim cincin planet planetary ring  yang terhampar pada magnetosphere yang berenergi kuat.  Jupiter memiliki kurang lebih 66 bulan/satelit, dan 4 diantaranya termasuk berukuran besar dan disebut Galilean moons , nama Galileo  diberikan untuk menghormati penemu bulan terebut, yaitu  Galileo Galilei  pada tahun 1610. Bulan Jupiter yang diketahui berukuran paling besar dinamakan Ganymede, yang berukuran lebih besar dari Planet Merkurius (Mercury).

Jupiter pernah dijelajahi pesawat ruang angkasa robot, yaitu  PioneerVoyager  dan Galileo orbiter. Setelah sebelumnya telah dilakukan terlebih dahulu misi penjelajahan ke Jupiter  dan  Pluto-dengan menggunakan pesawat ruang angkasa  New Horizons pada akhir Pebruari 2007. Misi penjelajahan lainya di masa depan akan terus dilakukan dengan focus utama, adalah eksplorasi  planet luar tata surya termasuk meneliti lapisan es yang ada di bulan Jupiter yang dinamakan Europa.

Structur Jupiter

Jupiter tersusun dari campuran zat gas dan zat cair (gaseous  dan  liquid matter) . Materi tersebut diketahui  sebagai penyusun 4 planet gas raksasa gas giants .

Jupiter juga dikenal sebagai planet raksasa  dengan diameter 142,984 km at yang berperan sebagai  equator. Masa Jenis  tanah  Jupiter adalah 1.326 g/cm3, masa jenis  ini telah menempati urutan  ke dua dari seluruh planet gas raksasa.

Composisi

Bagian atas atmosfer Jupiter tersusun dari 88–92% hydrogen  dan  8–12% helium untuk tiap  molecules gas penyusun . Karena sebuah  atom Helium memiliki masa yang 4 kali lebih berat dari  mass  hydrogen ,  maka komposisi Helium akan berunbah dan terbagi secara seimbang menjadi atom lain. Maka  atmosphere  Jupiter tersusun kurang lebih 75%   masa hydrogen dan  24% helium, dan 1 % sisanya adalah susunan elemen-elemaen lainnya.

Sedangkan atmosfer bagian dalam, mengandung  masa 71% hydrogen, 24% helium  dan 5%  masa elemen lainnya. Atmosfer Jupiter juga mengandung sedikit methane, water vapor, ammonia, dan  ikatan-silicon. Disamping itu juga diketahui atmosfer Jupiter mengandung carbon, ethane, hydrogen sulfide, neon, oxygen, phosphine, dan  sulfur

Atmosfer bagian terluar banyak disusun oleh crystals  ammonia.[15][16] Dengan menggunakan metoda pengukuran infra merah ( infrared)  dan  ultraviolet  dijumpai juga sedikit benzene dan  hydrocarbons  lainnya.[17]

Massa Jupiter

Massa Jupiter diketahui  2,5 kali massa planet-planet lainnya dalam tata surya  kita.Meski Jupiter memiliki ukuran 11 kali bumi, namun kepadatan tanahnya  diketahui lebih kecil dibanding  bumi.Volume Jupiter adalah 1.321 bumi.[5][21]

Radius Jupiter senilai  radius  1/10  dari radius matahari ( radius of the Sun,[22] ), dengan massa  0.001 kali masa matahari ( mass of the Sun). Dengan diketahui massa dan volume dua benda angkasa tersebut,  maka kita bisa mengambl kesimpulan bahwa massa jenis Matahari dan Jupiter adalah mendekati sama.

Massa Jupiter / "Jupiter mass" (MJ or MJup)  dapat ditentukan sebagai satuan massa benda langit lain, khususnya untuk planet sebelah luar (extrasolar planets)  dan  brown dwarfs. Sehingga misalnya sebuah planet luar HD 209458 b memiliki masa  0.69 MJ,  sedangkan COROT-7b memiliki massa 0.015 MJ.[24]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMI SELALU MENERIMA WACANA DARI PENGUNJUNG DEMI PEMBELAJARAN BEKAL ILMU KAMI