Jumat, 23 Maret 2012

Planet Neptunus


Neptunus dalam Mythologi Latin

Neptunus, dalam mithologi Romawi adalah nama dewa air, diyakini oleh Masyarakat Romawi bahwa Neptunus juga adalah symbol dari kesuburan. Namun karena perkembangan ilmu pengetahuan,  belakangan telah teruangkap bahwa Neptunus adalah istilah dalam kultur Latin (Poseidon).

Dalam budaya Latin, Neptunus adalah nama Dewa Penjaga Air, Dewa Lautan dan Pelindung semua air yang ada di bumi.

Neptunus dalam Astronomi

Neptunus, dalam astronomi adalah nama planet ke delapan dalam tata surya kita, jarak  Neptunus dari matahari adalah  4,5 trilyun km. Hal ini berarti jarak antara Neptunus dan matahari adalah sejauh 30,06 astronomi units, dengan nilai inklinasi adalah sebesar 1° 46.4’. Orbit Neptunus tergelar antara Uranus dan planet kerdil Pluto, perioda revolusi Neptunus adalah selama 165 tahun . ( ket : Pluto memiliki orbit lebih ellips dari biasanya dan terjadi pada tahun 1979 – 1999 dan diketahui lebih dekat dengan matahari ketimbang Neptunus ).

Neptunus dilaporkan telah diketemukan dengan cara penerapan  teori kalkulasi oleh J. C. Adams of Britain dan  U. J. Leverrier, ilmuwan dari Perancis,  saat itu  mereka  melakukan penelitian kalkulasi secara independen untuk menganalisis posisi Neptunus. Neptunus juga ditemukan dengan prediksi kalkulasi oleh  J. C. Galle in 1846, satu hari setelah hasil prediksi dari Leverrier.

Neptunus memiliki diameter equator sepanjang  30,700 mi (49,400 km), hampir empat kali equator bumi dan memiliki massa 17 kali masa bumi. Neptunus termasuk  kedalam  lima kelompok planet raksasa seperti Uranus dan lainnya. Selain itu sebuah penelitian menemukan bahwa atmosfer Neptunus diselimuti gas hydrogen, helium, methane, dan  ammonia,  dengan kepadatan yang rendah dan berotasi relative lebih lambat dari rotasi planet lainnya.

Pada Bulan Agustus tanggal 24 – 25, 1989. Voyager 2 berhasil melakukan pengamatan pada Neptunus dan bulan-bulanya. Diketahui bahwa atmosfer Neptunus memiliki zona seperti Jupiter yang identik dengan badai raksasa yang terlihat sebagai noda gelap pada permukaannya.

Meski Neptunus menerima radiasi matahari lebih rendah dari Uranus, tetapi temperature permukaan Neptunus mampu mencapai − 350 & deg F atau  −212 & deg C. Neptunus memiliki bulan yang berukuran terbesar dan diberi nama Triton.

Triton ditemukan pada tahun 1846, sebulan setelah ditemukan Neptunus. Triton memiliki diameter sepanjang  1,700 mi (2,700 km),  dan meiliki pergerakan yang normal /retrograde (lihat  retrograde motion. Retrograde motion, dalam astronomi diartikan sebagai pergerakan normal yang biasa dllakukan oleh planet lainnya dengan dari  arah timur ke barat )

Di malam hari Neptunus tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, maka Neptunus akan kelihatan seperti bintang. Atmosfer Neptunus sangat kuat dalam mengabsorbsi methane ( CH 4), sehingga methane tersebut akan terkumpul membentuk sebuah pita pada atmosfer, Hal ini menyebabkan Neptunus terlihat kehijauan***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMI SELALU MENERIMA WACANA DARI PENGUNJUNG DEMI PEMBELAJARAN BEKAL ILMU KAMI