Senin, 19 Maret 2012

Venus Saudara Kembar Bumi


Sebuah Wacana Untuk Mempertebal Keimanan Kita

Venus  adalah planet kedua yang terdekat dengan matahari setelah Merkurius . Planet ini mengorbit bumi selama  224.7 hari waktu bumi.[10] NamaVenus, berasal dari nama dewa asmara Romawi (Roman goddess ). Planet Venus termasuk benda langit yang bercahaya seperti bulan (Moon).

Hal ini karena Venus adalah planet dalam kategori   inferior planet dari bumi (Earth), hal ini karena jarak yang cukup dekat dengan matahari, sudut kemiringan Venus adalah (elongation) mencapai   maximum of 47.8°. Venus terlihat bercahaya paling terang sebelum fajar atau saat matahari terbit,  maka disebut dengan istilah Bintang Fajar/Kejora (Morning Star  atau  Evening Star).

Venus termasuk planet dalam tata surya kita  terrestrial planet  dan dikatakan  sebagai saudara kembar bumi karena ukuranya, gravitasi dan  komposisinya hampir sama dengan bumi.

Venus tertutup masa yang padat yang tersusun dari awan Asam Sulfur  (clouds of sulfuric acid) , yang menyebabkan permukaan planet ini tidak bisa jelas kelihatan apabila dipantau dari ruang angkasa. Venus  adalah planet yang atmosfernya  (atmosphere) bersifat paling padat disbanding planet di tata surya kita, atmosfer tersebut terdiri dari karbon dioksida (carbon dioxide).  Tekanan udara (atmospheric pressure ) pada permukaan planet tersebut mencapai  92 kali disbanding tekanan udara bumi.

Venus tidak memiliki siklus karbon ( carbon cycle ) yang memungkinkan unsure karbon kembali dikandung batuan dan permukaan planet tersebut, sehingga tidak memungkinkan adanya kehisudan, yang mampu mengabsorbsi karbon dari udara dalam biomassa.

Venus is diyakini telah memiliki lautan sebelum masa,[12]  tetapi karena penguapan di suhu yang tinggi berlangsung ekstrim, karena akibat effek rumah kaca ( runaway greenhouse effect.)[13] Maka kemungkinan air mengalami disosisi ( dissociated ) sehingga lenyaplah laut tersebut. Disamping itu karena Venus tidak memiliki lapisan pelindung magnet (planetary magnetic field) , maka Hydrogen akan terpental  ke ruang angkasa karena terbawa badai ruang angkasa (solar wind.[14]).

Permukaan  Venus kering dan bergurun dan banyak terdapat gung berapi volcanism.)

·         Ciri Fisik Venus

Venus salah satu dari empat planet tata surya kita (terrestrial planets) yang memiliki sifat fisik berbatu-batu ,  ukuran dan masanya hampir sama dengan bumi.[15] Diameter venus mencapai  12,092 km (only 650 km  lebih kecil dari bumi) dan massanya  hanya 81.5% o dari masa bumi.  Tetapi eadaan permukaan Venus secara ekstrim berbeda dengan bumi. Bahkan atmosfernya Venus juga sangat berbeda. Atmosfir Venus mengandung  96.5% carbon dioxide, dan  3.5% kandungan nitrogen.[16]

·         Geography

Permukaan Venus selama ini masih menjadi misteri, hingga berkembangnya  ilmu tentang antariksa dan berhasil mengungkapnya pada abad ke 21 ini. Planet Venus berhasil dipetakan  pada misi Project Magellan  di tahun  1990–91. Permukaan Venus yang dominan adalah adanya kegiatan gunung berapi yang aktif , hal ini ditunjukan dengan kandungan belerang di atmosfer[17][18].

Sebanyak  80% permukaan Venus dipenuhi dataran dengan gunung berapi, 70 % diantaranya berupa daratan yang bergelombang dan 10 % sisanya adalah daratan yang rata..[19] . Di permukaan Venus juga terdapat dua benua, yang pertama terletak di belahan langit Venus sebelah Utara dan satunya lagi terdapat di sebelah selatan katulistiwa Venus.Benua di sebelah utara disebut   Ishtar Terra.  Ishtar adalah nama dewa cinta di  sejarah Babylonian. Luas benua ini setara dengan benua Australi. 

Maxwell Montes, adalah anama puncak gunung tertinggi di Venus, yang  terdapat di benua Ishtar Terra. Tinggi puncak itu mencapai Its  11 km dpa Venus.
Sedangkan benua yang berada di sebelah selatan disebut Aphrodite Terra, nama seorang dewa dari Yunani.Benua ini luasnya hampir sama dengan Amerika Latin.

·         Geology Permukaan Venus

Sebagian besar permukaan Venus dibentuk karena aktifitas vulkanik. Venus memiliki aktifitas vulkanis sebanyak beberapa kali disbanding dengan aktifitas bumi. Venus memiliki 167 gunung. Aktifitas vulkanik Venus sam dengan aktifitas Big Island of Hawaii di bumi[23] Karakteristik permukaan tersebut bukan karena aktifitas vulkanik saja  melainkan susunan lapisan vulkanik Venus. Seperti kita ketahui bahwa  susunan lapisan bawah samudra  (oceanic crust)  di bumi terjadi karena tumbukan lempenga (subduction)
di ujung lempengan bumi tectonic plates, dan terjadi 100 milyar tahun lalu [29] Sedangkan permukaan Venus terjadi 300 – 600  tahun lalu [21][23]

Beberapa proyek rintisan penerbangan aktivitas vulkanik di  Venus :

Venera 11  dan  Venera 12 berhasil mendeteksi aliran cahaya (lightning), dan  Venera 12 berhasil mengukur  kekuatan halilintar Venus setelah mendarat.
 The European Space Agency's Venus Express mencatat pencahayaan yang berlebihan di atas atmosfer Venus 

Sumber :          Wikipedia 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMI SELALU MENERIMA WACANA DARI PENGUNJUNG DEMI PEMBELAJARAN BEKAL ILMU KAMI