Jumat, 04 Januari 2013

KANKER....KANKER...KANKER...


Definisi Cancer
Kanker (Cancer) adalah istilah yang digunakan untuk penyakit yang diebabkan oleh abnormalitas sel, karena tak terkontroldan dapat menyerang jaringan lain. Sel kanker mampu menjalar ke organ lain karena diangkut oleh darah serta sistim pembuluh getah bening (lymph systems).
Cancer bukanlah satu jenis penyakit yang ada dalam tubuh kita, akan tetapi merupakan penyakit yang sangat bervariasi  jenisnya. Bahkan kanker itu sendiri dibagi dalam100 tipe, tergantung organ mana tempat kanker berawal. Misalnya sel  kanker yang pertama kali tumbuh di usus besar,maka disebut dengan kanker usus besar (colon cancer) atau kanker yang tumbh di basal cells /sel dasar kulit, bisa disebut kanker kulit /  basal cell carcinoma.
Cancer dapat dibagi dalam banya jenis yang luas. Beberapa kelompok utama kanker  dapat kita ketahui,sebagai berikut :
·         Carcinoma – kanker berawal dari kulit atau jaringan penutup bagian dalam suatu organ.
  • Sarcoma - cancer that begins in bone, cartilage, fat, muscle, blood vessels, or other connective or supportive tissue.
  • Leukemia – cancer yang tumbuh pertama kali dalam jaringan pembentuk sel darah, seperti kanker pada sumsum tulang yang dapat menyebabkan tumbuhnya sejumlah besar sel darah yang abnormal.
  • Lymphoma and myeloma - cancers yang menyerang sel sel pembentuk sstim kekebalan tubuh/ immune system.
  • Central nervous system cancers - cancers yang tumbuh dari jaringan otak dan spinal cord.
(untuk mengetahui lebih lanjut tentang definis kanker silakan membaca NCI's Dictionary of Cancer Terms.)
Asal Mula Sel Kanker
Semua kanker berasal dari sel. Untuk lebih jelasnya maka kita harus mengetahui mengapa sebuah selbisa berkembang menjadi sel kanker. Seperti kita ketahui bahwa setiap tubuh m. Hidup tersusun dari berbgai macam tipe sel. Sel berkembang dan membelah berdsarkan kontrol tertentu sehingga sel terebut mampu membentuk sebuah jaringan. Demikian juga apabila sel mati, maka akan diganti dengan sel yang baru.
Namun demikian bisa juga kontrol untukperkembangan sel ini menjadi berubah,karena materi genetik yang mengontrolnya menjadi rusak atau berubah. Materi genetik ini yang disebut dengan DNA. Akibat penyimpangan ini,maka timbulah sel yang mutasi /   mutations yang akan mempengaruhi pertumbuhan dan pembelahan sel. Apabila keadaan ini terjadi, maka selselmutan itu tidak menjadi mati bahkan terus berkembang. Maka selanjutnya akan timbul jaringan yang disebut   tumor.
Tidak semua tumor yang tumbuh di tubuh kita termasuk kanker dan berdasarkan keadaan ini tumor dapat dibedakan menjadi  benign atau malignant.
  • Benign tumors ,adalah tumor yang bukan merupakan kanker. Jaringan ini bisa dimsnahkan dan dalam banyak kasus tumor ini tidak tumbuh lagi, karena sel selnya tidak menyebar  ke organ lain.
  • Malignant tumors adalah tumor yang berkembang menjadi kanker. Sel kankerini akan menyebar ke organ lain yang berdekatan.  Penyebaran kanker dari organ satu keainnya disebut dengan metastasis.
Tetapi ada juga kanker yang bukan merupakan tumor ,contoh kasus ini adalah leukemia sebuah kanker yang tumbuh di sumsum tulang dan darah.
Statistik Kanker
Sebuah laporan dari  nation's leading cancer organizations menunujkan bahwa angka kematian penderita kanker pada tahun shows  2004 dan  2008 telah turun drastis. Sedangkan estimasi pada tahun 2012 di AS adalah  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMI SELALU MENERIMA WACANA DARI PENGUNJUNG DEMI PEMBELAJARAN BEKAL ILMU KAMI