Minggu, 30 Desember 2012

Mars




Mars  adalah planet ke empat dari matahari setelah bumi dalam tata surya kita. Mars termasuk planet terkecil nomor  dua. Nama Mars  adalah berasal dari nama Dewa Perang Roma  dan biasa disebut dengan Planet Merah. Warna merah berasal dari Oksida Besi yang terdapat banyak di permukaanya. Mars termasuk  planet  dalam / terrestrial planet dengan atmosfer  yang tipis.
            Perioda rotasi dan siklus musim  Mars hampir sama dengan bumi. Ukuran Mar hampir sama dengan  satelit/bulan Olympus. Disamping itu Mars  memiliki pegunungan yang paling tinggi di tata surya kita. Selain  itu juga Mars memiliki Lembah Marineris ( Valles Marineris ) dengan ukuran canyons yang terbesar di tata surya kita. Pada belahan Mars sebelah selatan 40 % tersusun dari Borealis basin yang berstruktur lunak. Kondisi ini memberikan indikasi bahwa permukaan  Mars pernah bertabrakan dengan benda langit lainnya.
Mars memiliki dua bulan  Phobos dan Deimos, yang berukuran kecildan berbentuk tidak beraturan. Kedua bulan tersebut oleh para ahli sebenarnya dikategorikan sebagai asteroid, karena kedua bulan tersebut mirip dengan Asteroid  5261 Eureka.
Sejak penerbangan  tahun 1965 oleh Mariner 4,  para ahli telah berasumsi adanya air di planet merah itu. Asumsi tersebut berdasarkan terlihatnya pola jalur yang memiliki variasi warna  cerah dan gelap, variasi tersebut bergantian secara periodik mirip periode pasang surut  laut.
Pada tahun 2005 berdasarkan data yang dikirim ke bumi diketahui bahwa Mars mengandung air es di salah satu kutubnya. Demikian juga berdasarkan  sampel data yang dikirim  oleh The Mars rover Spirit telah mengindikasikan juga terdapatnya air di Mars, karena sampel tersebut mengandung molekul air, data tersebut diperoleh pada tahun 2007.
Pada tanggal 31 Juli 2008,  pesawat Phoenix  telah tepat mendarat di dataran  Martian yang mengandung air.
Mars dewasa ini telah disurvey dan dihuni oleh 5 pesawat angkasa, tiga pesawat diantaranya di — yaitu Mars Odyssey, Mars Express, dan  Mars Reconnaissance Orbiter; dan 2 pesawat yang berada di permukaanya, yaitu —Mars Exploration Rover Opportunity dan  Mars Science Laboratory Curiosity.
.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMI SELALU MENERIMA WACANA DARI PENGUNJUNG DEMI PEMBELAJARAN BEKAL ILMU KAMI