Kamis, 03 Januari 2013

Mobil Tercepat di Dunia (1600 km/jam)


British team telah mengembangkan sebuah mobil yang mampu melaju dengan kecepatan  1.000mph (1.610km/jam). Mobil tersebut didorong dengan roket Eurofighter-Typhoon jet engine, dan diberi nama  Bloodhound SSC (SuperSonic Car) yang meraih predikat sebgai kendaraan darat yang tercepat. 

Andy Green, sebagai ketua tim perancang dan anggota timlainnya telah merilis di BBC News website tentang sepak terjangnya dalam  Bloodhound project untuk menginspirasikan kepada berbagai pihak untuk pengembangan science dan engineering lebih lanjut.

Tanggapan Jay Leno tentang Bloodhound 

Rekor keepatan mobil yang dicatat sebelumnya, adalah hanya mencapai laju sebesar 190mph, yang dilakuakn di dataran Bonneville Salt Flats. Laju sebesar itu ditempuh hanya selama 3 menit. Jay Leno mengakui rekor sebelumnya itu di bengkel kerjanya namun dia mengakui bahwa proyek Bloodhound adalah proyek yang sesuai dengan ide gagasanya. 


"Mad Max" 


Seluruh kerja tim The team dibagi dalam  dua putaran, yaitu membuat membangun   lintasan (trailer) di Afrika Selatan, yang merupakan hasil kerja keras dari 3 insinyur selama 25 jam non-stop siang malam, mereka adalah Fabian, Hentie dan Colin

Kemudian baru mereka semua memasang  "Max Max"  (sebuah sebutan untuk kerja emasang semua  spare parts  yang dikerjakan di gurun pasir),termasuk menyiapkan bahan bakar sebanyak 3,8 ton untuk melajukan kendaraan agar mencaai laju 1,000mil per jam.

Semula terjadi perdebatan tentang perdebatan lebar roda mobil yang berkisar antara 90mm  hingga  120mm,supaya mampu menopang berat mobil.  Sedangkan lebar rel/lintasan hanya selebar 70 mm. Sehingga diputuskan bahwa lebar roda 90 mm lebih dari cukup. 


Good News – Thin tracks 


Sempitnya roda kendaraan secara tehnis  akan mengurangi   beban kendaraan saat mencapai kecepatan puncak. Hal ini disebabkan putaran mesin akan mencapai  10,300rpm  saat menempuh  1000mph. Sehingga akan menimbulan gaya grafitasi 50 kali besarnya pada roda.

Untuk menggambarkan gaya yang disebabkan percepatan yang berlangsung, maka kita dapat mencontohkan andaikata i kantong beras dengan masa 1 kg diletakan di atas roda,maka kita akan membutuhkan gaya sebesar 50 kali untuk mencapai kecepatan puncak 1000 mil/jam. Sehingga pengurangan beban kendaraan adalah hal yang sangat penting.

Can I have a go please?

Kami masih khawatir dengan  mobil yang berprototype-V yang beratnya mencapai 2 ton. Kendaraan tersebut  dirncang akan melaju di tas rel yang terbuat dari aluminium dan digali di atas tanah yang berbatu.

Kondisi semacam ini sama dengan kondisi 15 tahun silam saat Thrust SSC melakukan percobaan di gurun Jordania yang menimbukan kerusakaan saat melaju di tanah yang keras.

Tetapi kita memiliki beberapa opsi untuk dipertimbangkan, yang semuanya berkisar  pada keamanan roda kendaraan. Keputusan yang kita ambil,adalah mengurangi sudut kemiringan V pada prototypt mobil, sehingga mampu membagi beban pada  prototype mobil.  Tetapi semua bisa diatasi dengan kesimpulan kami, yaitu penggunaan roda dengan logam yang cukup ketebalanya dengan kualitas logam yang kekerasanya cukup memadai.


Semua kekhawatiran tersebut nampaknya cukup besar, tetapi karena  cukup cakapnya para ahli teknik masalah itu bisa kita atasi. Apalagi kita telah mengadakan ujicoba pada roda dam rel yang digunakan. Hingga kita bisa sukses dalam meecahkan rekor mobil tercepat di dunia World Land Speed Record dengan mudah.


 Rancang bangun bodi mobil telah dilakukan secara cermat di Bloodhound Technical Centre di Bristol, termasuk struktur sub-kerangka (yang dianalisa cukupkuat untuk menopang roket dengan getaran yang rendah). Te[atnya di chasis bagian atas yang menopang mesin jet***

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMI SELALU MENERIMA WACANA DARI PENGUNJUNG DEMI PEMBELAJARAN BEKAL ILMU KAMI