British team telah
mengembangkan sebuah mobil yang mampu melaju dengan kecepatan 1.000mph (1.610km/jam). Mobil tersebut
didorong dengan roket Eurofighter-Typhoon jet engine, dan diberi nama Bloodhound SSC (SuperSonic
Car) yang meraih predikat sebgai kendaraan darat yang tercepat.
Andy Green, sebagai
ketua tim perancang dan anggota timlainnya telah merilis di BBC News website tentang
sepak terjangnya dalam
Bloodhound project untuk menginspirasikan kepada berbagai pihak untuk
pengembangan science dan engineering lebih lanjut.
Tanggapan Jay Leno tentang Bloodhound
Rekor keepatan mobil yang dicatat
sebelumnya, adalah hanya mencapai laju sebesar 190mph, yang dilakuakn di
dataran Bonneville Salt Flats. Laju sebesar itu ditempuh hanya selama 3 menit. Jay
Leno mengakui rekor sebelumnya itu di bengkel kerjanya namun dia mengakui bahwa
proyek Bloodhound adalah proyek yang sesuai dengan ide gagasanya.
"Mad Max"
Seluruh kerja tim The team dibagi dalam
dua putaran, yaitu membuat membangun lintasan (trailer) di Afrika Selatan, yang
merupakan hasil kerja keras dari 3 insinyur selama 25 jam non-stop siang malam,
mereka adalah Fabian, Hentie dan Colin
Kemudian baru mereka semua memasang "Max Max" (sebuah sebutan untuk kerja emasang semua spare parts yang dikerjakan di gurun pasir),termasuk
menyiapkan bahan bakar sebanyak 3,8 ton untuk melajukan kendaraan agar mencaai
laju 1,000mil per jam.
Semula terjadi perdebatan tentang
perdebatan lebar roda mobil yang berkisar antara 90mm hingga
120mm,supaya mampu menopang berat mobil. Sedangkan lebar rel/lintasan hanya selebar 70
mm. Sehingga diputuskan bahwa lebar roda 90 mm lebih dari cukup.
Good News – Thin tracks
Sempitnya roda kendaraan secara
tehnis akan mengurangi beban
kendaraan saat mencapai kecepatan puncak. Hal ini disebabkan putaran mesin akan
mencapai 10,300rpm saat menempuh 1000mph. Sehingga akan menimbulan gaya
grafitasi 50 kali besarnya pada roda.
Untuk menggambarkan gaya yang
disebabkan percepatan yang berlangsung, maka kita dapat mencontohkan andaikata
i kantong beras dengan masa 1 kg diletakan di atas roda,maka kita akan
membutuhkan gaya sebesar 50 kali untuk mencapai kecepatan puncak 1000 mil/jam.
Sehingga pengurangan beban kendaraan adalah hal yang sangat penting.
Can I have a go please?
Kami masih khawatir dengan mobil yang berprototype-V yang beratnya
mencapai 2 ton. Kendaraan tersebut
dirncang akan melaju di tas rel yang terbuat dari aluminium dan digali
di atas tanah yang berbatu.
Kondisi semacam ini sama dengan
kondisi 15 tahun silam saat Thrust SSC melakukan percobaan di gurun Jordania
yang menimbukan kerusakaan saat melaju di tanah yang keras.
Tetapi kita memiliki beberapa opsi
untuk dipertimbangkan, yang semuanya berkisar
pada keamanan roda kendaraan. Keputusan yang kita ambil,adalah
mengurangi sudut kemiringan V pada prototypt mobil, sehingga mampu membagi
beban pada prototype mobil. Tetapi semua bisa diatasi dengan kesimpulan
kami, yaitu penggunaan roda dengan logam yang cukup ketebalanya dengan kualitas
logam yang kekerasanya cukup memadai.
Semua kekhawatiran tersebut nampaknya
cukup besar, tetapi karena cukup
cakapnya para ahli teknik masalah itu bisa kita atasi. Apalagi kita telah
mengadakan ujicoba pada roda dam rel yang digunakan. Hingga kita bisa sukses
dalam meecahkan rekor mobil tercepat di dunia World Land Speed Record dengan
mudah.
Rancang bangun bodi mobil telah dilakukan
secara cermat di Bloodhound Technical Centre di Bristol, termasuk struktur
sub-kerangka (yang dianalisa cukupkuat untuk menopang roket dengan getaran yang
rendah). Te[atnya di chasis bagian atas yang menopang mesin jet***
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
KAMI SELALU MENERIMA WACANA DARI PENGUNJUNG DEMI PEMBELAJARAN BEKAL ILMU KAMI