Kamis, 10 Februari 2011

Hormon Laki Laki TESTOSTERON Pembentuk Karakter Manusia

Sumber BBC News 2011

Pemberian dosis hormone kelaki lakian TESTOSTERON kepada wanita, ternyata mampu menurangi perasaan empaty (Rasa simpatik pada orang lain) wanita tersebut terhadap lainnya. Demikian hasil penemuan ilmuwan Inggris dan Belanda seperti yang dilaporkan BBC News, 10 Pebruari 2011.

Penemuan ini bisa kit abaca di journal PNAS. Pada journal juga disebutka bahwa penemuan ini mendukung teory bahwa hormon testoteron juga berpengaruh nyata terhadap p[erkembangan autis.

Pada penelitian tersebut sebanyak 16 sukarelawan diberikan kadar testoteron yang rendah dosisnya dan menampakan raut wajah yang berekspresi lembut.

Seperti kita ketahui bahwa Autis adalah kelainan dengan berbagai tingkatan, yang mengakibatkan berkurangnya kemampuan anak dan remaja dalam berkomunikasi dan berinteraksi social.

Gen yang membawa sifat ini telah ditemukan, tetapi kombinasi genetic dan factor libngkungan selama ini belum diketahui secara ilmiah.

Hasil study terakhir telah dilaporkan oleh universities of Cambridge dan Utrecht, kelainan ini disebabkan oleh sifat aktif laki laki / "extreme male brain", atau mungkin menguatnya hormone testosterone yang menyebabkan sifat kelaki-lakian selama perkembangan otak. Oleh karena itu penderita autism anak laki laki lebih tinggi disbanding anak perempuan.

Pada wanita kadar hormone testosterone lebih rendah disbanding dengan wanita. Pada penelitian tersebut para sukarelawan telah dibei dosis testosterone, guna meneliti efek terhadap autis, hingga kita bisa mengetahui pengaruh empaty (Rasa peduli lainnya).

Pada uji coba penelitian tersebut, penilaian responden dilakukan dengan pengamatan terhadap objek gambar wajah seseorang dan diuji dengan pendapat mereka mengenai ambar di depannya. Dalam hal ini ternya responden perempuan lebih baik disbanding laki laki. Dengan demikian dosis testosterone menyebabkan penurunan nyata terhadap kemampuan memperdulikan orang lain. Pada penelitian tersebut, juga ditemukan bahwa hormone testosterone juga berpengaruh pada wanita
Sebagai bukti pada pria dan wanita, panjang relative kelingking dan ke empat jarinya berbeda. Ibu jari laki laki cenderung lebih pendek dari jari manis. Sementara itu pada wanita jari manis dan kelingking hampir sama panjangnya. Perbedaan tersebut terbawa oleh kadar testosterone yang berbada saat lahir.

• Penting Diperhatikan

Namun demikian pada responden wanita setelah uji tes di beri dosis testosterone, terdapat sebagian yang kurang baik hasil tesnya dalam uji pengamatan. Responden tersebut adalah wanita yang panjang jarinya hampir sama dengan laki laki.
Professor Jack van Honk, salah satu peneliti mengatakan bahwa kita mampu memberikan asumsi bahwa kadar testosterone pada masa dalam kandungan mengakibatkan karakter seseorang.

Sedangkan anggota tim lainnya, Professor Simon Baron-Cohen menambahkan : Bagaimana sebuah kontribusi hormone yang rendah mampu membedakan karakter seseorang.
Professor Uta Frith, peneliti autis University College London, mengatakan bahwa penemuan ini membiutuhkan perhatian khusus. Sebab masih banyak factor penyebab autis yang sebenarnya. Oleh karena itu hasil penelitian ini perlu dikembangkan oleh ilmuwan lainnya.(BBC News, 2011).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMI SELALU MENERIMA WACANA DARI PENGUNJUNG DEMI PEMBELAJARAN BEKAL ILMU KAMI