Sabtu, 12 Februari 2011

Gempa Di Chili ; Sebuah Ulang Tahun


Sebuah gempa berkekuatan 6.8-magnitude skalalichter telah merambah Chile Tengah, sebuah wilayah yang diterjang gempa dan tsunami Pebruari tahun 2010, lalu. Berita ini dilansir BBC News, 12 Pebruari 2011

Ribuan warga segera melarikan diri ke tempat yang aman (daerah yang lebih tinggi), tapi belum ada laporan berapa korban tewas dan luka serius. Dua jam setelah berita ini dimuat sebuah gempa yang lebih kecil kembali terjadi.

President Chili Sebastian Pinera menyerukan semua warganya untuk waspada dan belajar pada peristiwa bencana alam yang terjadi satu tahun silam.

Para ahli gempa dan petugas seismological centres menyatakan bahwa gempa tahun lalu terjadi pada 27 February [2010], Epicentrum gempa yang terjadi pukul 20.05 GMT , terletak dibawah Samudra Pacific di kedalaman 45 km arah Barat Daya dari Kota Temuco dan 600 km ke arah Barat Data Santiago.

Tetapi dua gempa susulan yang lebih lemah berepisentrum dekat dengan kota.
Kepala Penanggulangan Bencana Alam Chili The /Chile's national emergency agency (Onemi) menyatakan bahwa sebagian besar penduduk yang terkenan bencana ala mini dalam kondisi yang memprihatinkan.. Beberapa diantaranya mengalami stress dan berlarian menyelamatkan diri mencari tempat yang tinggi untuk menghindari tsunami.

• Jaringan Listrik dan Telepon Putus

Tetapi kesatuan Angkatan Laut telah siap segala sesuatu bila terjadi tsunamai, demikian pernyataan Wakil Mentri Dalam Negeri Rodrigo Ubilla. Dan dilaporkan pula bahwa gempa tersebut telah memutuskan aliran listrik dan telepon/
Chile sebenarnya masih dalam tahan rekonstruksi/ rebuilding setelah gempa besar tahun lalu ditambah dengan terjangan tsunami di beberapa kota pantai yang menewaskan lebih dari 400 warga. Saat itu gempa berkekuatan hingga 8.8 Skalalichter yang menyebabkan kerusakan infrastruktur yang parah.
BBC News, 12 Pebriuari 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMI SELALU MENERIMA WACANA DARI PENGUNJUNG DEMI PEMBELAJARAN BEKAL ILMU KAMI