Selasa, 08 Februari 2011

Satelit Kembar Pengamat MATAHARI

Sumber BBC News 2011

Dua pesawat ruang angkasa AS telah beredar di kedua sisi matahari guna melakukan observasi dan informasi tentang bintang kita.

Kedua satelit itu diluncurkan tahun 2006 , kemudian secara perlahan mengambil posisi satu diantara berhadapan dengan bumi dan satu lainnya di belakang matahari.
Tepat hari Minggu ini ( 6 Pebruari 2011) NASA Melaporkan bahwa kedua satelit tersebut telah tepat pada posisi yang direncanakan, yaitu posisi yang mampu mengamati matahari dengan pandangan 360 derajat/

Satelit Kembar ini disebut dengan Stereo is “Solar Terrestrial Relations Observatory”.

Misi dari satelit tersebut adalah mengamati Ledakan Raksaksa yang ditimbulkan oleh matahari yang mampu mengangkut trilyunan ton materi/zat ke bumi. Fenomena tersebut dinamakan dengan sebutan “ Coronal Mass Ejections (CMEs)”, yang dengan tajam mampu mengenai astronot di ruang angkasa.

Fenomena di atas menyebabkan kita trkendala dalam mempelajari lebih detail tentang matahari, hanya karena mampu melihat dari kejauhan. Untuk mempelajari lebih dalam lagi kita sebaiknya mampu mengamati matahari secara utuh dan mendiskusikan bersama sama.

Menurut Profesor Richard Harrison dari Rutherford Appleton Laboratorium, dengan terciptanya garis hubung antara matahari dan bumi kita bisa menengolk kebelakang tentang antariksa antara matahari dan bumi. Dan mengamati awan matahari khususnya yang dilempar matahari ke bumi ataupun yang melewati bumi. Sementara itu kedua satelit itu selanjutnyua akan tetap menjaga jarak pada posisi berlawanan bila dilihat dari bumi.

Selanjutnya tugas Laboratorium Pendamatan Matahari (Solar Dynamics Observator), meski meluncurkan kedua satelit itu tahun tshun lalu dewasa in I tetap akan mengambil posisi di dekat matahari.

Dengan mendekatnya mereka kepada matahari sehingga secara utuh gambaran matahari dapa diperoleh, maka kita akan mempelajari fonemena yang kompleks tentang matahari dan kita mampu meramalkan cuasa ruang angkasa di masa mendatang.
(BBC News, Pebuari 2011).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMI SELALU MENERIMA WACANA DARI PENGUNJUNG DEMI PEMBELAJARAN BEKAL ILMU KAMI