Rabu, 09 Februari 2011

RoboEarth, Robot Dengan Sistim Internet


Tidak lama lagi robot robot yang membantu kegiatan manusia bakalan dilengkapi dengan intyernet dan wikipedia sendiri. Hal ini dilaporkan pleh Seksi Teknology BBC Nes, 8 Pebruari 2011.

Ilmuwan Eropa telah melaporkan hal ini setelah mereka memngupayakan melengkapkan dan menyimpan segala sesuatu yang ada di bumi ini kepada robot.

Robot canggih yang diciptakan tersebut dinamakan “RoboEarth”, dengan kecanggihan tersebut memungkinkan robot dapat meng-upload data ke “master task” mereka, dan dapat menelisik apa apa yang belum diketahui oleh robot.

Dengan kelebihan tersebut dewasa ini robot robot mampu membantu manusia dengan cepat dan mampu melengkapi diri dengan pengetahuan dari manusia sebagai majikan mereka.

Gagasan yang ada di balik RoboEarth adalah bermula dari bagaimana menemukan metoda untuk mengupayakan perangkat robot, pertukara pengetahuan dan menghampus pengetahuan yang usang dari robot. Hal ini dikemukakan oleh to Perancang RoboEarth Dr Markus Waibel dari Swiss Federal Institute of Technology in Zurich.

Sebagian besar robot di rancang oleh ahlinya berdasarkan mekanisme untuk membangun gudang data dari segala sesuatu tentang dunia. Sehingga robot hanya mengenal sesuatu dengan keterbatasan.

Untuk menanggulangi masalah ini, maka robot robot itu dilengkapi dengan internet agar mampu meng- share knowledge.

Menurut Dr Waibel, program tersebut memilki kelemahan pada kesulitan kita untuk mengsharing data kepada robot, untuk pengetahuan yang berkembang pesat. Sebab manusia itu sendiri mengalami kesulitan untuk mengikuti pesatnya iptek atau bidang lainnya.

Pada database robot tersebut akan dilengkapi dengan peta tempat In the (maps of places ) , gambaran tentang object yang ditemukan robot tersebut dan instruksi untuk melngkapi objek yang belum mereka kenal. Sebagaimana manusia berupaya menelisik inform,asi yang belum mereka kenal ari "Wikipedia. Tetapi robot robot tersebut belum mampu untuk mengedit dan menistribusikan

Tetapi tetap saja hal ini adalah suatu kemajuan yang mencengangkan bila robot mampu memasuki tempat dengan tepat meski mereka belum mengunjungi sebelumnya.Dengan pelengkapan RoboEarth mereka dapat segera bekerja untuk membantu majikannya..

Dr Waibel lebih lanjut mengemukakan RoboEarthmampu mengajarkan robot lainnya tentang object yang ada di perbendaharaan pengetahuan yang dimiliki manusia dan antara mereka mampu mensharing data, berkat RoboEarth. Sebagai contoh RoboEarth dapat mengajarkan objek seperti meja kepada robot lainnya, karena permintaan robot tersebut guna kelancaran kerja membantu manusia.

“The EU-funded project” telah merekrut 35 peneliti dan mampu mendemonstrasikan penemuan mereka setelah 4 tahun melaukakan penelitian. Pada tahap permulaan mereka mengdownloadkan rincian tugas robot dan mampu diterjemahkan oleh robot. Termasuk peta lokasi. Sehingga robot adalah parter manusia yang essensial kelak di kemudian hari.

BBC News 9 Pebruari 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMI SELALU MENERIMA WACANA DARI PENGUNJUNG DEMI PEMBELAJARAN BEKAL ILMU KAMI