Sabtu, 19 Maret 2011

Misi Messenger (NASA) ke Merkurius



Pesawat Ruang Angkasa NASA Messenger dilaporkan telah berhasil memasuki orbit Merkurius secara ukses. Pesawat penjelajah robot ini selama 14 menit memasuki orbit ini pada jam 0045 GMT, Jumat 18 Maret 2010. Secara perlahan gravitasi Merkurius menarik dengan kuat pesawat ini.

Karena Merkurius lebih dekat dengan matahari, maka temperature permukaannya mampu menyebabkan melelehnya badan pesawat. Di tempat yang mampu membakar apa saja, maka pesawat ini dilapisi dengan pelindung dari panas matahari sebagai bintang. Bahkan instrument [esawatpun dirancang untuk tahan pada suhu permukaan Merkurius.
Messenger kini hanya berjarak 46 juta km dari matahari dan 155 juta km dari Bumi.Messenger digerakan dengan mesin berkekuatan 600 newton

Karena dekat dengan matahari, maka suhu ekuator permukaannya mencapai 600 C, dan diduga pada kedua kutubnya terdapat crater yang mengandung es dari air. Batuan pada Merkurius 2/3 nya tersusun dari besi dan logam lainnya.Merkuri dilingkungi oleh medan magnet, tidak seperti Venus dan Magnet yang tidak dilindungi medan magnet.
Planet ini kaya akan jurang yang dalam, yang dihasilkan bukan dari proses tumbukan benda angkasa atau letusan gunung berapi, tapi karena terjadinya penyusutan (keriput) pada saat terbentuknya planet ini dan tata surya kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMI SELALU MENERIMA WACANA DARI PENGUNJUNG DEMI PEMBELAJARAN BEKAL ILMU KAMI