Minggu, 06 Maret 2011

Mobil Bertenaga Roket


Redaksi IPTEK BBC News, 5 Maret 2011, melaporkan bahwa Inggris akan melakukan uji coba mobil bertenaga roket dengan laju 1.600 km/jam pada bulan depan. Mobil ini bertenaga 122 Kn dan merupakan mesin Hybrid dari Falcon motor. Mesin rokwt ini merupakan mesin terbesar untuk Inggris selama 20 tahun ini.

Nampaknya mesin ini bukan satu satunya yang diciptakan untuk memecahkan rekor melaju di darat untuk pemecahan tahun depan

Termasuk diantaranya adalah mesin jet tempur dan F1 racing car.
Para ahli mesin percaya dengan penggabungan tehnik ketiga design mesin ini dapat memecahkan rekor utama di Inggris untuk tahun tahun mendatang



Penciptaan mesin ini adalah satu satunya yang belum pernah diciptakan siapapun sebelumnya, demikian pernyataan Richard Noble, Direktur proyek Bloodhound. Selanjutnya dilaporkan pula bahwa beberapa tempat telah direncanakan untuk tes ini.
Diantaranya adalah tempat yang memiliki hubungan sejarah dengan pemecahan rekor ini, seperti Pendine di West Wales, yang mampu memecahkan rekor pada tahun 1920 dan where several records were set in the 1920s, dan Shoeburyness di eastern England .

Selanjutnya Richard N mengatakan bahwa timnya mampu menciptakan piston untuk kendaraan darat yang mampu berjalandengan kecepatan supersonic. Bloodhound nama mobil ini, memiliki lebar hanya 45 cm dan panjang 3,6 m.Menggunakan bahan baker campuran solid propellant (HTPB, atau gugus hydroxyl- polybutadiene) dan oksigen cair / liquid oxidiser (high-test peroxide, HTP). Untuk membangkitkan energi sebesar 122 kN sama saja dengan energi untuk 645 mobil sedan. Sedangkan untuk pesawat tempur EJ200 Eorofighter-Typhoon membutuhkan energi hanya 90 Kn. Dengan energi sebesar itu Bloodhound mampu melakukan percepatak 8 km/jam dalam waktu hanya 100 detik.

Mesin rocket kendaraan ini dirancang oleh Falcon Project Ltd, sebuah perusahaan khusus perancang mesin roket yang bermarkas di Manchester di bawah pimpinan Daniel Jubb.

BBC News, 5 Maret 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMI SELALU MENERIMA WACANA DARI PENGUNJUNG DEMI PEMBELAJARAN BEKAL ILMU KAMI