Kamis, 10 Maret 2011

Petualangan MARS

Kejasama antara AS dan Negara Negara Eropa tentang penjelajahan ke planet MARS telah ditangguhkan, sesuai dengan permintaan pemerintah AS yang mengajukan keberatan pendanaan. Swpweti diketaui, bahwa mereka berdua sepakat untuk mengirimkan 2 kendaraan penjelajah ke Panet Merah tersebut pada tahun 2018. Meski Negara Eropa telah selesai merancang kendaraan penjelajah tersebut.

Menurut laporan US National Research Council dengan besar dana yang dianggarkan sebesar 3,5 juta dolar AS dinilai cukup tinggi. Padahal mereka telah memasuki tahap penjelajahan planet planet, namun dengan demikian program ini ditunda sampai batas yang belum diketahui. Oleh karena itu mereka memutuskan untuk memodifikasi atau memastikan dengan dana yang dianggarkan, sesuai dengan situasi pentingnya misi penjelajahan tersebut.

.Nampaknya kesepakatan tersebut belum menemukan sesuatu yang diharapkan bersaman tetapi di satu sisi Nasa dan Esa mereka memiliki kepentingan untuk menjelejahi dan mendaratkan kendaraan mereka di Mars. Mereka memiliki keyakinan adanya misi Mars dengan biaya 2,5 juta Dol;lar AS.

• Lorong Batu

Professor Squyres, dari Cornell University, telah melaporkan kerja timnya yang dinamakan “Vision and Voyages for Planetary Science in the Decade 2013-2022” - at the Lunar and Planetary Science Conference (LPSC) in the Woodlands, Texas.

Meskipun mereka hanya mengajukan rekomendasi tentang kepentingan luas dari program “US planetary science community” dan memberikan konsultasi tehnik pada program NASA. Terutama ambisi NASA dan Esa untuk mengambil contoh batu di Mars dandipelajari di bumi, Sehingga program tersebut di atas bakal diintensifkan dan direa;isasikan tahun 2018.

Sementara itu program “ExoMars” (kendaraan robot Mars) Eropa, diutamakan pada penjelajahan permukaan Mars untuk meneliti kemungkinan adanya kehidupan. Mereka juga melakukan uji coba kendaraan robot penjelajah buatan Amerika (Max-C), yang bertugas menhambil batu Mars.

Ide untuk membawa . ExoMars dan Max-C dalam satu roket untuk bersama mmelakukan pendaratan di Mars, harus disesuaikan keadaan AS dalam ruang lingkup peninjuan kembali proyek ini. Permohonan peninjuaan ini digagas oleh Kongres AS untuk mengurangi dana proyek iniuntuk 5 – 6 tahun mendatang.
BBC News 10 Maret 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMI SELALU MENERIMA WACANA DARI PENGUNJUNG DEMI PEMBELAJARAN BEKAL ILMU KAMI