Senin, 26 Maret 2012

Trojan Asteroid yang Akrab dengan Bumi


Dalam Ilmu  astronomy, Trojan  dikategorikan sebagai  minor planet  atau satelit alam (natural satellite) atau  bulan  (moon)  yang dapat bersama sama satu orbit dengan planet atau bulan yang lebih besar darinya., tetapi tidak pernah menumbuknya. Tumbukan antara bulan dan Traujan dapat terhindarkan karena kedua benda tersebut beredar masing-masing pada garis orbitnya, yaitu pada salah satu dari Lagrangian points yang stabil  (Trojan points), L4  dan  L5 (lihat gambar)

arak antara L4 dan L5  dalam gambar adalah sekitar 60° di atas obyek yang lebih besar . Trojan adalah obyek benda angkasa yang teratur objects ( co-orbital object). Dalam susunan orbit tersebut bintang yang besar dan planet yang lebih kecil selalu seimbang satu sama lain (barycenter). Barycenter adalah lokasi di jagad raya yang sedemikian rupa sehingga tarik menarik gravitasi dalam keadaan seimbang.

Sebagian besar masa benda yang lebih kecil terletak di salah satu Lagrange points yang bergabung membentuk medan gravitasi guna menciptakan kondisi fisika yang seimbang. Sebagai konsekuensinya masa tersebut akan beredar dalam orbitnya mengikuti planet dengan  period yang sama[1]

Asteroid Trojan  adalah  asteroids yang tetap berada pada  Trojan point pada planet tertentu . Sedangkan Bulan Trojan ( Trojan moon) adalah bulan yang ada di  Trojan point pada bulan lain yang lebih besar.

Saturn memiliki banyak  Trojan satellites: Saturnus  memiliki satelit bernama  Tethys  dan memiliki juga  Trojan moons (Telesto dan Calypso). Bulan ke 2 Saturnus diberi nama  Dione juga memiliki 2  Trojan moons (Helene dan Polydeuces).
Pada Tahun  2011, NASA mengumumkan pertama kali mereka menemukan Trojan Bumi (first known Earth Trojan.[2])
Pada Tahun  1772 ahli matematika astronomi  Joseph-Louis Lagrange (Perancis) memberikan prediksinya bahwa terdapat obyek jagad raya, yang merupakan kumpulan benda kecil dan tersebar di 2 lokasi di orbit Jupiter.

Ternyata adalah sebuah orbit Trojan di Lagrangian points Jupiter (Jupiter's Lagrangian points), Nama Trojan diadopsi dari kisah Perang Trojan (Trojan War ) yang ada di Greek mythology. Dengan kesepakatan internasional asteroid yang mengorbit di garis L4 Jupiter di beri nama pahlawan yang memenangkan perang dari Latin/Yunani, sedangkan L5 untuk pihak Troujan. Namun kesepakatan tersebut tak berlaku untuk 617 Patroclus dan Trojan  624 Hektor,  yang sebenarnya pada posisi yang salah.[4] Para ahli astronomi memprediksi bahwa  Jupiter Trojans adalah sekumpulan  asteroids  pada sabuk asteroid (asteroid belt.[5])

Nama Nama dan Fenomena Trojan
·         Ahli Astronomi  berhasil mendeteksi asteroid yang tak jauh dari bumi  bergerak dalam orbit bumi.
·         Terdapat juga obyek angkasa seluas  200-300m  pada orbit bumi kita
·         Berdasarka posisi mereka, kita bisa menyimpulkan bahwa benda itu adalah  Trojan asteroid – suatu obyek yang sama pada  Jupiter, Neptune dan  Mars.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMI SELALU MENERIMA WACANA DARI PENGUNJUNG DEMI PEMBELAJARAN BEKAL ILMU KAMI