Jumat, 06 April 2012

Large Hadron Collider Tahap ke II



BBC News, edisi 5 April 2012  melaporkan bahwa  percobaan mengenai The Large Hadron Collider (LHC) telah dimulai lagi setelah mengalami kegagalan di musim dingin lalu.

Awal dari percobaan ini,  tepatnya pada Hari Selasa (3/4/12),  para ahli menempatkan  proton yang berlawanan pada atom , yang  nantinya proton tersebut akan saling  bertumbukan satu dengan lainnya.
Total energy yang dihasilkan tumbukan tersebut akan disimpan pada partikel pecahan atom dengan besarnya energy adalah 8 Trilyun electron volt.

Pengertian  elektronvolt
Setiap partikel bermuatan listrik cenderung untuk bergerak dalam medan listrik, karena timbulnya potensial listrik yang disebut dengan “voltage “  yang memenuhi medan listrik tersebut.
  • Satu  electron volt (eV) adalah energy yang diperoleh  1 electron  untuk melakukan percepatan melalui potensial listrik 1 volt.
  • Electron volt adalah satuan yang digunakan untuk mengukur  percepatan partikel untuk melalui potensial listrik yang lebih besar darinya. 
  • Energy yang a digunakan untuk  mengunpulkan  partikel guna  melakukan  percepatan adalah sebesar  1 juta eV
  • LHC mampu menyediakan energy 1 juta kali lebih besar dari energy untuk percepatan  tersebut di atas, bahkan lebih dari beberapa teraelectronvolts (TeV)
  • Energy sebesar itu hanya untuk energy yang digunakan seekor nyamuk untuk terbang.
  • Tetapi pada  LHC , terdapat bertrilyun-trilyun  partikel seperti di atas, yang digerakan sepanjang LHC dengan kecepatan 99.999999 %  dari kecepatan cahaya.
Para ahli berasumsi bahwa dengan besarnya penambahan energy yang dihasilkan dari tumbukan itu akan menguakan tori fisika yang baru. Harapan yang besar dari percobaan ini adalah untuk mendapatkan konfirmasi atau penolakan definitive  terhadap Higgs boson, tentang teorinya bahwa terdapat partikel yang misterius yang menadi penyebab mengapa semua ateri memiliki masa.

"Selama 2 tahun kami berpengalaman dengan mengoperasikan energy 3.5 TeV  per atom dan semakin meyakinkan kami untuk menambah lagi energy tanpa merusak mesin “ Demikian penuturan Steve Myers, Director for Accelerators and technology at Cern (European Organization for Nuclear Research). 

Sejak pertama dioperasikan pada tahun  2008, operator  LHC secara hati hati menambahkan energy pada sekumpulan proton  pada collider (alat untuk menumbukan ), yang melingkar sejauh 27 km di atas perbatasan Perancis dan Swis.

Direncanakan para ahli akan mengoleksi data hingga November, sesudah itu data akan diolah selama collider dimatikan, selama paling tidak 20 bulan.

Dari percobaan itu diharapkan kita akan mendapatkan energy  dari proton sebesar sebesar 14 trillion electronvolts, atau 14  teraelectronvolts. Sehingga kita akan mendapatkan suatu lompatan besar dalam energy.

“The LHC collaboration”  berharap suatu keberhasilan besar pada tahun 2014, dan hopes to reach that milestone in 2014, dan pada tahun 2015 nantinya bakal kita temui teori fisika dalam babak baru. Dalam tahun 2012 ini focus utama adalah pembuktian teori Higgs.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMI SELALU MENERIMA WACANA DARI PENGUNJUNG DEMI PEMBELAJARAN BEKAL ILMU KAMI