Selasa, 03 April 2012

Perdebatan Ahli Tentang Planet


Para ahli astronomi baru baru ini telah menemukan obyek dalam tata surya kita yang ukuranya lebih besar dari Pluto. Obyek ini diprediksi akan menjadi planet ke 10 dalam tata surya kita.

Penemuan ini menjadi sejarah adanya penemuan obyek “berukuran besar”  jagad raya di tata surya kita , sejak penemuan Pluto (discovery of Pluto)  75 tahun lalu.

Penemuan ini dipublikasikan oleh Mike Brown dari  Caltech, setelah beberapa jam sebelumnya, pihak lain telah menemukan obyek yang lebih kecil dari Pluto, tetapi memancarkan sinar (one slightly smaller than Pluto). Tentu saja beberapa penemuan tersebut memusingkan para peneliti dan media.

 Obyek tersebut untuk sementara di beri nama  2003 UB313, yang jaraknya 3 kali jarak antara matahari dan Pluto.
Menurut Prof. Brown dari kelompok astronom planet, obyek tersebut jelas lebih besar dari Pluto, bahkan mencapai 2 kali besar Pluto.Karena lebar dari planet tersebut adalah 2.100 mil, sehingga besarnya mencapai 1 – 1,5 Pluto.

-          Masih Adakah Obyek lainnya ? 

Obyek tersebut memiliki inklinasi 45  terhadap bidang datar tata surya kita.Pada sudut inklinasi ini sebagian besar planet mengorbit matahari.. Sehingga obyek ini lepas dari pengamatan para ahli.
Beberapa ahli berpendapat bahwa obyek itu adalah anggota dari sabuk Kuiper, yang berisi banyak obyek tersebar di dekat Neptunus.

Seperti kita ketahui bahwa Pluto adalah obyek anggota Kuiper Belt menurut beberapa ahli astronomi. Oleh karena itu Prof.  Brown menyanggah bahwa Pluto adalah obyek bukan planet, karena Pluto ukuranya relative kecil dan memiliki orbit yang khusus (eccentric and inclined orbit).

-          Catatan Lain
Prof Brown selanjutnya  menyatakan, bahwa  "Pluto selama ini dinyatakan planet, karena public menerimanya, tetapi masih ada obyek lainnya yang lebih besar dari Pluto yang lebih pantas menjadi planet “.
Selanjutnya Prof. Brown menyatakan bahwa  2003 UB313  memiliki lapisan es methane sama seperti Pluto, yang berlainan dengan obyek Kuiper Belt. Dan obyek ini memiliki kesamaan besar dengan Pluto “.
NASA selanjutnya menyatakan secara resmi bahwa 2003 UB313 layak menjadi planet ke – 10.
-          Belum ada Ketentuan Mengenai Planet.

Brian Marsden, ketua Minor Planet Center telah mencermati data data tentang obyek planet, menyatakan bahwa apabila Pluto dinyatakan sebagai planet, maka obyek lainnya yang besarnya mendekati Pluto seharusnya dikategorikan planet.. 2003 UB313 dikategorikan sebagai planet.Tetapi hal ini harus mendapat pengakuan dari para ahli lainnya yang menemukan obeyek sebelumnya. 

Namun demikian  Marsden belum mengakui obeyek baru itu sebagai planet", seperti yang dituturkan pada koran SPACE.com.

Alan Boss, pakar peneliti planet dari Carnegie Institution of Washington, menyebut penemuan tersebut sebagai langkah besar. Tetapi dia belum menyatakan obyek tersebut sebagai planet. Dia hanya menyatakan bahwa Pluto dan obyek kecil lainnya harus dikategorikan sebagai planet Sabuk Kuiper ("Kuiper Belt planets.").

Bagaimana dengan Obyek Seukuran Mars ?

Alan Stern, peneliti  Southwest Research Institute dan pemimpin proyek misi  NASA's New Horizons ke Pluto, memprediksi bahwa mulai tahun 1990 , dengan adanya kemajuan teknologi akan ditemukan 1.000 obyek seukuran Pluto. Sedangkan berdasarkan analisa model computer akan ditemukan banyak obyek seukuran Mars di tata surya kita, yang belum ditemukan, bahkan mungkin lebih besar dari bumi.Obyek obeyek itu akan ditemukan pada decade ini.

Stern tidak mengakui bahwa penemuan tersebut sebagai penemuan besar, sebab masih akan banyak lagi penemuan lainnya. Contohnya pada tahun krmarin kita berhasil menemukan Sedna, yang besarnya 3 -4 kali Pluto, kemudian 2004 DW dan  Quaoar. Stern masih melihat bahwa di tata surya kita terdapat ribuan obyek yang belum ditemukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMI SELALU MENERIMA WACANA DARI PENGUNJUNG DEMI PEMBELAJARAN BEKAL ILMU KAMI