Rabu, 23 Februari 2011

Indikator Perubahan Iklim Pada Burung Hantu


Wartawam BBC News Emma Brennand, 23 Pebruari 2011 melaporkan bahwa terjadi perubahan warna bnulu pad burung hantu, karena adaptasi mereka terhadap perubahan iklim. Kita ketahui bersama bahwa warna bulu adalah “factor heredity” yang bervariasi dari warna abu abu hingga coklat, tetapi dewasa ini, menurut laporan jurnal Nature Communications, mereka menemukan burung hantu dengan warna coklat jumlahnya meningkat.

Apabila musim dingin tiba dan lebih ringan, warna abu pada mereka akan menghilang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa burung burung di wilayah Finlandia telah merespon perubahan cuaca.

Dr Patrik Karell dari University of Helsinki, yang mengepalai penelitian ini menyatakan bahwa data data mengenai penelitian ini telah diperoleh dalam rentang waktu 30 tahun. Termauk diantaranya bahwa warna burung hantu hanya terdiri 2 jenis, yaitu abu abu dan coklat.
Playtex Diaper Genie II Refill (Pack of 3)
Bagi burung hantu piaraan tidak terjadi erubahan warna pada seluruh hidupnya, dengan demikian Dr Karell dan koleganya bisa menyusun peta warna burung hantu.
Pada kasus variasi sepasang warna tersebut, warna abu abu nampaknya mendominasi gen ini, sehingga mereka lebih suka berwarna abu abu.

Tim penelitian yang mengolah data ini, telah dibantu oleh warga penggemar burung hantu yang diorganisasi oleh Finnish Museum of Natural History. Dari data data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa apabila musim dingin ekstrim maka tingkat kematian burung hantu berwarna coklat eningkat. Hal ini disebabkan warna coklat adalah warna yang mudah diketahui predator.

Dr Karell menyatakan bahwa burung hantu piaraan yang berwarna coklat kini meningkat tajam populasinya dari 30 % menjadi lebih dari 50 % di Finlandia.
BBC News, 23 Pebruari 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMI SELALU MENERIMA WACANA DARI PENGUNJUNG DEMI PEMBELAJARAN BEKAL ILMU KAMI