Sabtu, 26 Februari 2011

Satelit Cuaca Eropa (MTG)


BBC 25 Pebruari 2011, 17:32 GMT, melaporkan bahwa semua Negara Eropa telah menyetujui adanya pembiayaan 3 – 4 milyar Euro untuk proyek pembangunan sistim satelit cuaca bagi generasi mendatang.

Eumetsat, adalah rekanan internasional yang bertanggung jawab terhadap pembuatan satelit cuaca Eropa (Europe's Meteosats), mengatakan bahwa semua negara anggota Negara Eropa telah menyetujui program dan pendanaan.

Stelit tersebut harus mampu menampilkan sistim baru tentang kemampuan peramalan cuaca dan lebih jauh lagi mampu mmenjamin Eropa membangun aspek meteorogi ruang angkasa dengan mengakses data data hingga paling akhir tahun 2030.



Meskipun pada forum tersebut, semua pihak melakukan pendekatan yang lebih terhadap Belgia untuk mendukung pendanaan itu. Negara itu tidak memiliki kebijakan pendanaan untuk itu, sejak pemilihan umum Juni silam. Sehingga tidak bisa menyetujui pendanaan tersebut setelah dimintai jawaban dalam pertemuaan 26 negara anggota Desember tahun lalu.

Tetapi pemerintah Belgia menampakan indikasi memberikan repek baik terhadap Program Meteosat Third Generation (MTG) dan mendukung sepenuhnya. Belgia bukan hanya satu satunya Negara yang memiliki kendala dalam pendanaan MTGs. Portugal mengalami perdebatan public yang luas di negaranya mengenai pendanaan satelit tersebut dan meminta penjadwalan pelaksanaan satelit tersebut. Karena masalah tersebut Portugal bisa melibatkan diri pada minggu minggu terakhir ini.

Eumetsat Director-General, Dr Lars Prahm, dengan tangan terbuka menjelaskan bahwa untuk mencapai kesepakata tersebut bukan hal yang mudah karena keadaan moneter di Negara Negara Eropa belum bisa sepenuhnya membantu pembiayaan tersebut. Tetai sekarang semua Negara telah menyetujui program vital Satelit Cuaca Eropa untuk keperluan masyarakat seluruh Eropa, Afrika, Atlantik dan semuanya untuk beberapa decade.

SATELIT EROPA LAINNYA

• Satelit Eropa pertama (800 kg) diluncurkan 1977, dan hanya memiliki 3 channel.
• Satelit generasi ke dua dan memiliki 12 channel.
• Rencana generasi ke 3 yang mampu memiliki 16 Channel dan berbobot 3 ton.
• MTG : satelit yang lebih komplek yang bertugas untuk meneliti lapisan lapisan atmosfer.

MTG adalah satelit yang akan menjadi satelit terbesar dan paling kompleks yang pernah dimiliki Negara Negara Eropa, yang dirancang atas kerjasama Eumetsat dan the European Space Agency (Esa).

MTG terdiri dari 6 satelit yang akan menyerupai prototype pesawat ruang angkasa kelak pada tahun 2018. Platform dari MTG ini akan dirancang dalam 2 type, yang pertama adalah satelit yang berperan seperti pesawat ruang angkasa yang mampu menggambar sistim cuasa, type kedua adalah pesawat ruang angkasa yang mampu mengirim informasi tentang lapisan atmosfer. Satelit satelit itu berbeda sama sekali dengan pendahulunya, yaitu “the second-generation satellites (MSG)” , yang sekarang bertugas mendacari data tentang cuaca

Sedangkan satelit sekaligus pesawat ruang angkasa ( MTG) memiliki tugas yang lebih luas mencakup platform standar telekomuniasi yang akan mampu menjangkau seluruh bumi. Karena kemampuanya memberikan banyak inovasi berupa fenomena cuaca yang detail dan akurat guna peramalan cuaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMI SELALU MENERIMA WACANA DARI PENGUNJUNG DEMI PEMBELAJARAN BEKAL ILMU KAMI