Kamis, 24 Februari 2011

Penerbangan DISCOVERY Yang Terskhir



Jonathan Amos Wartawan Science correspondent BBC News, 24 Pebruari 2011 melaporkan bahwa pesawat Ulang Aling AS Discovery yang diluncurkan dari Cape Canaveral kali ini adalah untuk yang terakhir kali.

Misi sebelumnya adalah ketika mengirimkan 6 astronot dan peralatan suplay untuk stasiun angkasa luar

Para politisi AS yang mengadakan kunjungan ke pangkalan Discovery memberikan pendapatnya bahwa setidak tidaknya Discovery masih bisa terbang 2 kali lagi sebelum dikirim ke museum.

Sementara itu pensiunya tiga pesawat tersebut, telah membuat kami bersedih, tetapi di lain pihak kami harus menyelesaikan misi kami, demikian ungkap Komandan Peluncuran Discoery, Mike Leinbach. Peluncuran yang terakhir tersebut dilakukan di komplek Kennedy Space Center's Launch Pad 39A pada pukul 16. 50 waktu setempat (2150 GMT).

The US space agency (Nasa) telah berusaha sekuat tenaga untuk meluncurkan pesawat ini untuk yang terakhir kali, karena adanya gangguan tehnik pada peluncuran bulan lalu, yang mengakibatkan peluncuran ditunda.

Sebenarnya Discovery sudah terbang bulan September 2010. Kemudian direncanakan pada bulan November tahun itu juga, namun akhirnya mulur hingga bulan Pebruari ini, ksrena adanya keretakan pada tangki bahan bakarnya.

Discovery mendapat penghargaan sebagai pesawat perintis penerbangan ulang alik, setelah kecelakaan yang terjadi pada Challenger dan Columbia.

Discovery pertama diluncurkan pada tahun 1984 dan berhasil menyelesaikan misi sebanyak 38 penerbangan dengan jarak tempuh 230 juta km.

Sejarah DISCOVERY

• Discovery adalah nama penghargaan untuk James Cook yang mengadakan petualangan pada abad ke 18.
• Discovery adalah pesawat pertama yang membawa satelit ke ruang angkasa dan mengembalikan ke bumi
• Discovery menuntaskan tugas yang diemban pesawat pesawat lainnya.
• Pernah merapat di Stasiun MIR Rusia International Space Station
• Membawa Hubble Space Telescope ke orbitnya.
• Total waktu yang dihabiskan di ruang angkasa adalah 352 hari, menggelilingi bumi sebanyak: 5,628; petugas yang terlibat adalah: 180

BBC News 24 Pebruari 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMI SELALU MENERIMA WACANA DARI PENGUNJUNG DEMI PEMBELAJARAN BEKAL ILMU KAMI