Rabu, 23 Februari 2011

Pengaruh Hp Terhadap Otak Kita


BBC News, 23 Pebruari 2011 melaporkan bahwa sebuah studi dari Lembaga Kesehatan AS (National Institutes of Health) yang telah melaporkan bahwa Hp ternyata mampu menimbulkan efek bagi otak.

Mereka melaporkan bahwa setelah 50 menit kita menggunakan Hp, maka kadar gula dalam otak akan meningkat.

Hasil penelitian ini telah dilaporkan oleh Journal of the American Medical Association . Dalam laporan tersebut juga disebutkan bahwa aspek klinik penyebab signifikan belum bisa ditentukan.

Tetapi para ahli di Inggris belum menemukan pengaruh tersebut.
Menurut studi yang terakhir dilakukan menyebutkan bahwa di Denmark terdapat pengguna telepon Hp sebesar 420.000, hingga saat ini belum ditemukan gangguan kesehatan terhadap pengguna tersebut.

Penelitian yang dilakukan di AS ini hanya menelibatkan responden sebanyak 47 untuk mengetahui efek medn magnet (RF-EMFs) yang ditimbulkan oleh antenna Hp. Dari penelitian diperoleh hasil bahwa aktifitas otak terpengaruh oleh magnet tersebut. Tetapi belum diperoleh gangguan klesehatan.

Pada penelitian tersebut tlepon genggam didekatkan pada telinga pengguna kanan dan kiri, yang satu di matikan sedangkan yang lain di-on tapi pada posisi diam (mute), Otak dari respondentersebut kemudian di scane untuk mencermati kadar gula otak dan diketahui bahwa kadar gula darah otak meningkat sebanyak 7 %.

Sehingga para ahli menyimpulkan bahwa otak manusia sangat sensitive terhadap RF-EMFs yang dihasilkan dari hp yang didekatnya.

Professor Patrick Haggard, dari Institute of Cognitive Neuroscience dari University College London, mnjelaskan bahwa penelitian ini menghasilkan hal yang menarik, sebab berhasil menggambarkan hubungan langsung antara fungsi otak dengan sinyal Hp. Sementara itu iplikasi terhadap kesehatan masih belum diketahui. Sebagian besar besar kecilnya metabolisma otak adalah hal yang alami, terutama pada waktu otak digunakan untuk berpikir.

Professor Malcolm Sperrin, director of Medical Physics and Clinical Engineering at Royal Berkshire Hospital, mengatakan bahwa laporan penelitian ini sangat menarik dan dapat digunakan untuk referensi metabolisma otak karena pengaruh Hp.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMI SELALU MENERIMA WACANA DARI PENGUNJUNG DEMI PEMBELAJARAN BEKAL ILMU KAMI